DEFINISI PROFIL ORGANISASI
Setiap
perusahaan baik perusahaan skala besar, menengah, ataupun skala kecil
membutuhkan sesuatu yang disebut dengan company profile (compro).
Company
Profil merupakan media Public Relations yang berisi gambaran Profil Organisasi.
Organisasi atau yang disebut dengan Company Profile merupakan sebuah paparan
dan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal/grafik yang
mengaitkan corporate value (nilai-nilai perusahaan)
Company
Profile merupakan hasil cetak ataupun halaman web yang berisi tentang profil
perusahaan. Dengan fungsi company profile sebagai media komunikasi dan alat
pemberi informasi tentang perusahaan anda kepada pihak lain yang membutuhkan.
Company
profile adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat
ini dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Selain laporan profil perusahaan,
informasi kontak selalu disertakan. Selain informasi kontak profil perusahaan
biasanya mencakup beberapa informasi tentang latar belakang dan sejarah dari
bisnis yang bersangkutan.
FUNGSI PROFIL ORGANISASI
Sebuah
perusahaan yang benar-benar serius dengan usaha yang mereka jalankan pasti akan
membuat compro dengan sebaik-baiknya.
Hal
ini merupakan salah satu bentuk keseriusan mereka dalam menjalankan usaha
karena mereka mengetahui banyak fungsi dari compro yang akan membawa keuntungan
tersendiri bagi perusahaan tersebut.
a. Untuk
memberikan Gambaran Umum mengenai Perusahaan
Company profile merupakan tempat
dimana perusahaan berbagi cerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah
berdirinya perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta tentu
saja produk/jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat.
b. Sebagai Media Branding dan
Publikasi
Company profile merupakan sumber media
informasi bagi calon konsumen. Informasi yang ada didalamnya mampu menonjolkan
perihal produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Isi dari company
profile hendaknya dibuat berdasarkan sudut pandang para pembaca dan disesuaikan
dengan target pasar.
c. Sebagai Alat Pemasaran
sebuah company profile yang ditulis
dengan baik mampu menarik perhatian target konsumen sehingga mereka mau
mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan dan pada
akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis itu sendiri.
Fungsi company profile sebagai alat
pemasaran juga diperkuat dengan kemampuannya untuk meningkatkan nilai positif
dari perusahaan tersebut bila dibandingkan dengan kompetitornya dengan cara
memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.
Untuk bisa memenuhi semua fungsi
tersebut, maka desain company profile yang keren menjadi sebuah keharusan,
terlepas dari apakah company profile tersebut hadir dalam bentuk cetak berupa
buku atau brosur, ataupun bentuk digital pada website perusahaan.
SISTEMATIKA PENYUSUNAN PROFIL
a. Nama
dan logo perusahaan. Nama dan logo perusahaan merupakan hal penting yang
harus ada dalam profil perusahaan, karena inilah yang menjadi identitas
perusahaan.
b. Sejarah berdirinya perusahaan. Dengan
menyertakan sejarah singkat berdirinya perusahaan berguna untuk memberi
gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan alas an perusahaan berdiri.
c. Visi dan misi perusahaan. Menyampaikan
visi dalam perusahaan akan memberikan gambaran pada pembaca maupun audience
tentang cita-cita besar yang ingin dicapai dimasa depan. Sedangkan penyampaian
misi akan memberikan gambaran tentang berbagai upaya yang telah dan akan terus
dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai cita-cita tersebut.
d. Kegiatan dan kinerja perusahaan.
Paparan kegiatan dan kinerja perusahaan merupakan point penting yang harus
disampaikan melalui profil perusahaan. Beberapa hal yang terkait dengan
kegiatan dan kinerja perusahaan diantarnya adalah :
1. Jenis
produk yang ditawarkan
2. Target
market perusahaan
3. Portofolio
perusahaan
4. Laporan
keuangan
5. Kontak
perusahaan
TATA CARA PEMBUATAN PROFIL
Apapun
bentuk company profile, anda harus merancang materi / bahan, kata-kata, dan
informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini :
a. Cover depan (wajib)
Cover depan berisi nama dan logo
perusahaan. Tanpa cover, para pembaca tidak akan mengetahui tentang identitas
awal dari perusahaan itu sendiri. Sangat disarankan untuk membuat desain cover
company profile yang menarik untuk menggelitik rasa penasaran para pembaca.
b. Kata pengantar (optional)
Bila Anda memilih untuk menggunakan
kata pengantar, disarankan untuk membuat kata pengantar yang singkat dan tidak
bertele-tele yang justru akan terlihat sangat membosankan.
c. About us / tentang kami / sejarah
singkat (wajib)
Bagian ini berisikan informasi dasar
mengenai perusahaan mulai dari tahun berdiri, para pendiri, latar belakang
pendirian perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan berbagai informasi
lainnya. Informasi ini perlu ditampilkan dalam sebuah company profile untuk
memperkaya informasi bagi para konsumen.
d. Visi Misi (wajib)
Visi memberikan gambaran kepada para
klien mengenai cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Di sisi
lain, misi memberikan informasi berupa upaya yang telah dan akan terus
dilakukan untuk dapat meraih visi tadi.
e. Produk / jasa perusahaan (wajib)
Kebanyakan klien atau calon konsumen
akan berfokus pada bagian ini. Produk/jasa seperti apa yang ditawarkan
perusahaan? Bila memungkinkan, berikan rincian mengenai produk/jasa tersebut
lengkap dengan foto atau gambar. Bila produk/jasa yang ditawarkan tergolong banyak,
cukup berikan gambaran umum mengenai produk/jasa tersebut.
f.
Kelebihan / why choose Us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu
membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang
kelebihan perusahaan anda sangat penting.
Tonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh
perusahaan. Apa hal-hal yang membuat calon klien dan konsumen tertarik untuk
menggunakan produk/jasa tersebut? Apakah karena adanya jaminan kualitas produk?
Apakah karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang pertama kali
memproduksi produk seperti itu? Ataukah karena perusahaan tersebut menggunakan
teknologi ramah lingkungan, dan seterusnya!
g.
Pengalaman perusahaan (optional)
Pengalaman seperti apa saja yang
dimiliki oleh perusahaan? Apakah perusahaan tersebut pernah bekerja sama dengan
klien-klien besar? Jika ya, tampilkan nama-nama klien tersebut untuk membangun
reputasi dan kepercayaan dari calon klien lainnya.
h.
Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat
mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
i.
Testimoni (optional tapi penting)
Testimoni yang disajikan dengan tepat
akan menjadi salah satu daya tarik bagi calon klien dan konsumen. Namun perlu
diingat untuk hanya menampilkan testimoni dari orang-orang yang memiliki
pengaruh penting dalam perusahaan mereka, orang-orang yang populer, serta
orang-orang yang memiliki karakteristik yang serupa dengan target pasar.
j.
Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Pada bagian cover belakang, cantumkan
kontak informasi yang dimiliki perusahaan mulai dari alamat, nomor telepon,
email, serta berbagai akun media sosial perusahaan yang dapat dihubungi oleh
calon klien dan konsumen.
k.
Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah
company profile yaitu : Struktur organisasi, perlengkapan / peralatan
perusahaan, Legalitas / scan dokumen, dll.
KRITERIA YANG HARUS DIPENUHI DALAM
MEMBUAT PROFIL ORGANISASI
a. Company profile menarik, tidak over, elegan,
dan terlihat professional.
b. Company profile harus mudah dibaca, singkat
dan jelas. Perhatikan juga warna font.
c. Bahan cetak company profile semakin bagus
makin terlihat professional.
d. Company profile harus berisi informasi penting
tentang perusahaan anda.
e. Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap
materi.
f. Company profile bentuk buku, usahakan halaman
kelipatan
CONTOH PROFIL ORGANISASI
TUGAS MATERI PROFIL ORGANISASI
0 Komentar