MENERAPKAN PEMBUATAN PROFIL ORGANISASI


DEFINISI PROFIL ORGANISASI
Setiap perusahaan baik perusahaan skala besar, menengah, ataupun skala kecil membutuhkan sesuatu yang disebut dengan company profile (compro).
Company Profil merupakan media Public Relations yang berisi gambaran Profil Organisasi. Organisasi atau yang disebut dengan Company Profile merupakan sebuah paparan dan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal/grafik yang mengaitkan corporate value (nilai-nilai perusahaan)
Company Profile merupakan hasil cetak ataupun halaman web yang berisi tentang profil perusahaan. Dengan fungsi company profile sebagai media komunikasi dan alat pemberi informasi tentang perusahaan anda kepada pihak lain yang membutuhkan.
Company profile adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Selain laporan profil perusahaan, informasi kontak selalu disertakan. Selain informasi kontak profil perusahaan biasanya mencakup beberapa informasi tentang latar belakang dan sejarah dari bisnis yang bersangkutan.

FUNGSI PROFIL ORGANISASI
Sebuah perusahaan yang benar-benar serius dengan usaha yang mereka jalankan pasti akan membuat compro dengan sebaik-baiknya.
Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan mereka dalam menjalankan usaha karena mereka mengetahui banyak fungsi dari compro yang akan membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut.
a.  Untuk memberikan Gambaran Umum mengenai Perusahaan
Company profile merupakan tempat dimana perusahaan berbagi cerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah berdirinya perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta tentu saja produk/jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat.
b. Sebagai Media Branding dan Publikasi
Company profile merupakan sumber media informasi bagi calon konsumen. Informasi yang ada didalamnya mampu menonjolkan perihal produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Isi dari company profile hendaknya dibuat berdasarkan sudut pandang para pembaca dan disesuaikan dengan target pasar.
c. Sebagai Alat Pemasaran
sebuah company profile yang ditulis dengan baik mampu menarik perhatian target konsumen sehingga mereka mau mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis itu sendiri.
Fungsi company profile sebagai alat pemasaran juga diperkuat dengan kemampuannya untuk meningkatkan nilai positif dari perusahaan tersebut bila dibandingkan dengan kompetitornya dengan cara memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.
Untuk bisa memenuhi semua fungsi tersebut, maka desain company profile yang keren menjadi sebuah keharusan, terlepas dari apakah company profile tersebut hadir dalam bentuk cetak berupa buku atau brosur, ataupun bentuk digital pada website perusahaan.

SISTEMATIKA PENYUSUNAN PROFIL
a.  Nama dan logo perusahaan. Nama dan logo perusahaan merupakan hal penting yang harus ada dalam profil perusahaan, karena inilah yang menjadi identitas perusahaan.
b. Sejarah berdirinya perusahaan. Dengan menyertakan sejarah singkat berdirinya perusahaan berguna untuk memberi gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan alas an perusahaan berdiri.
c. Visi dan misi perusahaan. Menyampaikan visi dalam perusahaan akan memberikan gambaran pada pembaca maupun audience tentang cita-cita besar yang ingin dicapai dimasa depan. Sedangkan penyampaian misi akan memberikan gambaran tentang berbagai upaya yang telah dan akan terus dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai cita-cita tersebut.
d. Kegiatan dan kinerja perusahaan. Paparan kegiatan dan kinerja perusahaan merupakan point penting yang harus disampaikan melalui profil perusahaan. Beberapa hal yang terkait dengan kegiatan dan kinerja perusahaan diantarnya adalah :
1. Jenis produk yang ditawarkan
2. Target market perusahaan
3. Portofolio perusahaan
4. Laporan keuangan
5. Kontak perusahaan

TATA CARA PEMBUATAN PROFIL
Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi / bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini :
a. Cover depan (wajib)
Cover depan berisi nama dan logo perusahaan. Tanpa cover, para pembaca tidak akan mengetahui tentang identitas awal dari perusahaan itu sendiri. Sangat disarankan untuk membuat desain cover company profile yang menarik untuk menggelitik rasa penasaran para pembaca.
b. Kata pengantar (optional)
Bila Anda memilih untuk menggunakan kata pengantar, disarankan untuk membuat kata pengantar yang singkat dan tidak bertele-tele yang justru akan terlihat sangat membosankan.
c. About us / tentang kami / sejarah singkat (wajib)
Bagian ini berisikan informasi dasar mengenai perusahaan mulai dari tahun berdiri, para pendiri, latar belakang pendirian perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan berbagai informasi lainnya. Informasi ini perlu ditampilkan dalam sebuah company profile untuk memperkaya informasi bagi para konsumen.
d. Visi Misi (wajib)
Visi memberikan gambaran kepada para klien mengenai cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Di sisi lain, misi memberikan informasi berupa upaya yang telah dan akan terus dilakukan untuk dapat meraih visi tadi.
e. Produk / jasa perusahaan (wajib)
Kebanyakan klien atau calon konsumen akan berfokus pada bagian ini. Produk/jasa seperti apa yang ditawarkan perusahaan? Bila memungkinkan, berikan rincian mengenai produk/jasa tersebut lengkap dengan foto atau gambar. Bila produk/jasa yang ditawarkan tergolong banyak, cukup berikan gambaran umum mengenai produk/jasa tersebut.
f.  Kelebihan / why choose Us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.
Tonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan. Apa hal-hal yang membuat calon klien dan konsumen tertarik untuk menggunakan produk/jasa tersebut? Apakah karena adanya jaminan kualitas produk? Apakah karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang pertama kali memproduksi produk seperti itu? Ataukah karena perusahaan tersebut menggunakan teknologi ramah lingkungan, dan seterusnya!
g.  Pengalaman perusahaan (optional)
Pengalaman seperti apa saja yang dimiliki oleh perusahaan? Apakah perusahaan tersebut pernah bekerja sama dengan klien-klien besar? Jika ya, tampilkan nama-nama klien tersebut untuk membangun reputasi dan kepercayaan dari calon klien lainnya.
h.  Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
i.  Testimoni  (optional tapi penting)
Testimoni yang disajikan dengan tepat akan menjadi salah satu daya tarik bagi calon klien dan konsumen. Namun perlu diingat untuk hanya menampilkan testimoni dari orang-orang yang memiliki pengaruh penting dalam perusahaan mereka, orang-orang yang populer, serta orang-orang yang memiliki karakteristik yang serupa dengan target pasar.
j.  Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Pada bagian cover belakang, cantumkan kontak informasi yang dimiliki perusahaan mulai dari alamat, nomor telepon, email, serta berbagai akun media sosial perusahaan yang dapat dihubungi oleh calon klien dan konsumen.
k.  Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile yaitu : Struktur organisasi, perlengkapan / peralatan perusahaan, Legalitas / scan dokumen, dll.

KRITERIA YANG HARUS DIPENUHI DALAM MEMBUAT PROFIL ORGANISASI

a.  Company profile menarik, tidak over, elegan, dan terlihat professional.
b.  Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan juga warna font.
c.  Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat professional.
d.  Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda.
e.  Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
f.   Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan

CONTOH PROFIL ORGANISASI


TUGAS MATERI PROFIL ORGANISASI


Posting Komentar

0 Komentar