Peranan Teknologi Informasi
Perkembangan Teknologi Perkantoran
Diera globalisasi kualitas dan
Profesionalisme menggunakan peralatan perkantoran merupakan aspek utama dan
sebuah tuntunan yang tidak bisa ditawar- tawar ketika seorang melangkahkan kaki
dalam merentas dunia pekerjaan. Butuh ketrampilan dan selalu punya kemauan
untuk meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan dalam mengoperasikan peralatan canggih sebagai alat bantu kerja.
Sejalan dengan lajunya teknologi informasi saat
ini, baik berdampak positif maupun negatif, tentunya kita tidak mungkin bisa
mengelaknya. Perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat dan peralatan
(mesin) kantor yang dipergunakan semakin canggih, melaju kearah efisiensi kerja
(Job Efficiency). Maka sewajarnyalah
kita mengantisipasinya secara tepat dan cepat agar diperoleh tenaga terampil
yang optimal sesuai bidangnya masing-masing.
Perkembangan Teknologi Perkantoran
Dampak Positif dan Dampak Negatif Perkembangan Tekper
Teknologi perkantoran berasal dari dua
suku kata, yaitu “teknologi” yang berarti ilmu tentang keterampilan dan
“kantor” (perkantoran) yang berarti sebagai tempat berlangsungnya pekerjaan
kantor (kegiatan administrasi). Pekerjaan kantor (Office Work) berdasarkan artikulasi, administrasi itu meliputi
kegiatan; catat mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik,
agenda dan sebagainya yang bersifat tekhnis ketatausahaan (clerical work), (dalam Drs. Soewarno Handayanigrat, 1990: 2).
Sedangkan menurut M.K Alamsyah (1991:
15) administrasi memiliki arti sebagai rangkaian kegiatan seperti mencatat,
mengklasifikasi, mengelolah, menggandakan, mendistribusikan dan menyimpan
data/informasi untuk tujuan tertentu.
Dengan melihat kedua pengertian ini
semua pekerjaan kantor akan efektif dan efisien sehingga semua informasi
semakin ringkas, akurat serta dihasilkan pada waktu yang tepat dan dengan biaya
yang rendah pula. Semua ini akan memudahkan manajemen puncak untuk mengambil
keputusan.
Dewasa ini masalah yang dihadapi oleh manajer
administrasi lebih besar karena teknologi baru meningkat, semakin pesat dan
akan menimbulkan perubahan yang cepat yang melibatkan orang serta sistem kerja
dan mesin yang lebih baru. Perubahan teknologi mempengaruhi setiap industri dan
gagasan inovatif diperlukan oleh perusahaan agar dapat bersaing dengan efektif.
Oleh sebab itu, manajemen kantor yang
meliputi; pelayanan perolehan informasi,
perekaman dan penganalisasian informasi, pelayanan perencanaan dan pelayanan
komunikasi harus digunakan untuk memacu urusan
perkantoran.
Institut Of Administrative Management
(dalam Manajeen Perkantoran Modern karangan Mills, Standingford, Appleby; 1991:
6-7) mendefinisikan “manajemen kantor” adalah seni membimbing personal kantor
dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungan demi mencapai tujuannya
yang sudah ditetapkan. Sarana yang dimaksudkan disini adalah semua
fasilitas/mesin-mesin/peralatan perkantoran, baik itu yang mekanik atau manual
dan listrik. Berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini
fasilitas, mesin-mesin, peralatan perkantoran ada yang elektronik. Selanjutnya
yang jenis elektronik ini berkembang dan bersaing semakin pesatnya.
Dari uraian di atas jelaslah bahwa
peranan teknologi perkantoran dalam proses pengelohan data/informasi dewasa ini
adalah efisiensi kerja yang menyangkut produktivitas. Ini akan terjadi bila
kita selalu mengikuti/menggunakan perangkat rekayasa teknologi modern, seperti
penggunaan perangkat komputer dan sejenisnya.
Oleh karena itu, diharapakan kepada
mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini lebih profesional dan memiliki
keterampilan yang memadai dalam mengoperasikan peralatan canggih sebagau alat
bantu untuk bekerja nanti.
Ada beberapa dampak positif sebagai
akibat terlalu pesatnya perkembangan teknologi perkantoran dan tentu kita tidak
dapat menggelaknya dengan penemuan-penemuan peralatan perkantoran yang semakin
canggih. Perkembangan itu melaju kearah efesiensi kerja dengan indikasi
ditemukannya peralatan yang serba :
- elektronik
- multi guna
- mudah mengoperasikannya
- memerlukan tenaga listrik kecil
- ukuran fisik semakin kecil dan
- kecanggihan serta kemampuannya semakin tinggi.
Sebenarnya penggunaan peralatan kantor
yang semakin berkembang pesat teknologinya itu, memiliki beberapa dampak
positif dan dampak negatif. Adapun dampak positifnya dapat kita lihat dari
beberapa segi antara lain terhadap :
a)
Tenaga Penggeraknya
1.
Mutu/kualitas tenaga kerja meningkat
2. Disiplin dan gairah
kerja naik.
3. Beban tenaga dan
pikiran menjadi relatif lebih ringan.
4.
Pendapatan tenaga kerja meningkat.
b). Prosedur Kerja
1.
Semakin mudah
2. Semakin lancar
3. Semakin sederhana (singkat)
4.
Efisiensi kerja (semakin selesai)
c). Hasil Kerja
1.
Kualitas produk meningkat.
2. Kuantitas produk meningkat.
3.
Standar mutu tertentu terpenuhi.
4. Keseragaman/keragaman
bentuk dan ukuran produk sangat akurat.
Sedangkan dampak negatifnya antara lain :
1. Sulit mencari tenaga
kerja dengan kemampuan keterampilan tertentu.
2. Menambah
pengangguran (tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit).
1. Pemeliharaan mesin yang kurang
baik, akan menimbulkan pemborosan.
2.
Bila terjadi penggantian mesin baru
akan berakibat pada perubahan metode, prosedur dan perlu diadakan pelatihan
tenaga kerja. (MK. Alamsyah, 1991: 17-18).
0 Komentar