Jenis-jenis administrasi berdasarkan
materi yang dijadikan pokok kajian menurut Wikipedia (2016) antara lain:
1.
Administrasi
publik
Administrasi publik atau administrasi negara adalah
suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan
bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal-
hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen
publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur
penyelenggaraan negara.
2.
Administrasi
lingkungan hidup
Administrasi lingkungan hidup yaitu proses kegiatan
yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan tujuan berwawasan lingkungan
dan tidak mengesampingkan kualitas manusia (penguasaan IPTEK) serta kualitas
lingkungan (serasi, selaras dan seimbang). Pengelolaan lingkungan hidup adalah
upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup meliputi
kebijaksanaan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan,
pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.
3.
Administrasi
niaga
Administrasi niaga yaitu administrasi yang mengejar
tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan. Administrasi niaga
dijalankan oleh setiap manajer dalam suatu organisasi bisnis/niaga.
4.
Administrasi
pembangunan
Administrasi pembangunan yaitu proses pengendalian
usaha oleh negara/pemerintah untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan
ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai
aspek kehidupan bangsa.
5.
Administrasi
kependudukan
Administrasi kependudukan yaitu rangkaian kegiatan
penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui
pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi serta
pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan
6.
Administrasi
keuangan
Administrasi keuangan yaitu pengelolaan yang meliputi
segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dan pencapaian tujuan sebuah
organisasi perusahaan.
7.
Administrasi
pendidikan
Administrasi pendidikan yaitu sebuah proses kerja sama
untuk mencapai tujuan pendidikan dengan melihat hubungan antarkomponen
pendidikan, sehingga dapat memperbaiki sistem pendidikan dengan menggunakan
perangkat yang mendukung kegiatan pembelajaran.
Kegiatan administrasi pada
umumnya dilakukan di kantor, sehingga ada istilah administrasi perkantoran.
Administrasi perkantoran sendiri yaitu usaha penyelenggaraan perkantoran guna
membantu pucuk pimpinan organisasi dalam pengambilan keputusan dan pencapaian
tujuan organisasi. Jenis-jenis administrasi perkantoran antara lain:
1.
Administrasi
kepegawaian
Administrasi kepegawaian yaitu seluruh aktivitas atau
kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai untuk mencapai tujuan
kantor.
2.
Administrasi
keuangan
Administrasi keuangan yaitu pengelolaan yang meliputi
segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan untuk mencapai tujuan sebuah
kantor.
3.
Administrasi
sarana-prasarana
Administrasi sarana-prasarana yaitu seluruh aktivitas
atau kegiatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan
kantor. Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk
mencapai tujuan. Misalnya, alat tulis kantor, lemari, mesin telepon. Sedangkan
prasarana adalah penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Misalnya,
halaman, ruangan, gedung, tanah. Pada intinya sarana adalah barang bergerak,
artinya dapat dipindahkan dan prasarana adalah barang tidak bergerak atau tidak
dapat dipindahkan.
4.
Administrasi
hubungan masyarakat
Administrasi hubungan masyarakat yaitu seluruh aktivitas atau
kegiatan yang berkaitan dengan teknik komunikasi dan metode komunikasi dalam
menjalin hubungan dengan masyarakat untuk mencapai tujuan kantor.
0 Komentar