JENIS-JENIS ADMINISTRASI



Jenis-jenis Administrasi
Jenis-jenis administrasi berdasarkan materi yang dijadikan pokok kajian menurut Wikipedia (2016) antara lain:
1.              Administrasi publik
Administrasi publik atau administrasi negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggaraan negara.
2.              Administrasi lingkungan hidup
Administrasi lingkungan hidup yaitu proses kegiatan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dengan tujuan berwawasan lingkungan dan tidak mengesampingkan kualitas manusia (penguasaan IPTEK) serta kualitas lingkungan (serasi, selaras dan seimbang). Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup meliputi kebijaksanaan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.
3.              Administrasi niaga
Administrasi niaga yaitu administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan. Administrasi niaga dijalankan oleh setiap manajer dalam suatu organisasi bisnis/niaga.
4.              Administrasi pembangunan
Administrasi pembangunan yaitu proses pengendalian usaha oleh negara/pemerintah untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.
5.              Administrasi kependudukan
Administrasi kependudukan yaitu rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan
6.              Administrasi keuangan
Administrasi keuangan yaitu pengelolaan yang meliputi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dan pencapaian tujuan sebuah organisasi perusahaan.
7.              Administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan yaitu sebuah proses kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan dengan melihat hubungan antarkomponen pendidikan, sehingga dapat memperbaiki sistem pendidikan dengan menggunakan perangkat yang mendukung kegiatan pembelajaran.

Kegiatan administrasi pada umumnya dilakukan di kantor, sehingga ada istilah administrasi perkantoran. Administrasi perkantoran sendiri yaitu usaha penyelenggaraan perkantoran guna membantu pucuk pimpinan organisasi dalam pengambilan keputusan dan pencapaian tujuan organisasi. Jenis-jenis administrasi perkantoran antara lain:
1.              Administrasi kepegawaian
Administrasi kepegawaian yaitu seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai untuk mencapai tujuan kantor.
2.              Administrasi keuangan
Administrasi keuangan yaitu pengelolaan yang meliputi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan untuk mencapai tujuan sebuah kantor.
3.              Administrasi sarana-prasarana
Administrasi sarana-prasarana yaitu seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan kantor. Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Misalnya, alat tulis kantor, lemari, mesin telepon. Sedangkan prasarana adalah penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Misalnya, halaman, ruangan, gedung, tanah. Pada intinya sarana adalah barang bergerak, artinya dapat dipindahkan dan prasarana adalah barang tidak bergerak atau tidak dapat dipindahkan.
4.              Administrasi hubungan masyarakat
Administrasi hubungan masyarakat yaitu seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan teknik komunikasi dan metode komunikasi dalam menjalin hubungan dengan masyarakat untuk mencapai tujuan kantor.

Posting Komentar

0 Komentar