CIRI-CIRI DAN FUNGSI ADMINISTRASI



Ciri-ciri Administrasi

Ciri-ciri administrasi sebagai berikut:
1.              Adanya sekelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih
2.              Adanya kerja sama
3.              Adanya proses atau serangkaian kegiatan
4.              Adanya tujuan
5.              Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan

Fungsi Administrasi

Menurut Quible (2001) fungsi administrasi yaitu:
1.              Fungsi rutin
Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan. Contoh: menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan melakukan kegiatan fotokopi.
2.              Fungsi teknis
Fungsi administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang memadai. Contoh: penggunaan peralatan kantor
3.              Fungsi analisis
Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai kemampuan mengambil keputusan. Contoh: kegiatan melakukan inovasi produk atau jasa.
4.              Fungsi interpersonal
Fungsi administrasi yang membutuhkan penilaian dan analisis sebagai dasar pengambilan keputusan serta keterampilan yang berhubungan dengan orang lain. Contoh: rapat kenaikan gaji pegawai, kegiatan penilaian kinerja pegawai, kegiatan perekrutan pegawai.
5.              Fungsi manajerial
Fungsi administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, dan pemotivasian. Contoh: kegiatan mengatur pegawai, kegiatan mengelola sarana.

Posting Komentar

0 Komentar